Loading...
Monday, December 25, 2017

CARA MUDAH PENGENDALIAN HAMA BOLENG PADA UBIJALAR

CARA  MUDAH PENGENDALIAN HAMA BOLENG PADA  UBIJALAR
Disusun Oleh : Wibowo, S.ST
A.     PENDAHULUAN
Hama  Boleng ( Cylas Formicarius F. ) adalah hama boleng yang menyerang umbi ubi jalar , banyak petani yang mengeluh akibat serangan hama  Boleng yang mengakibatkan rusaknya buah ubi jalar, dan bila serangan berat mengakibatkan ubi jalar rasanya pahit dan tidak laku dijual. Serangga ini banyak merusak umbi ubijalar  dengan cara masuk umbi dan memakan kulitnya , umbi yang telah diserangnya akan timbul bau yang tidak enak, walaupun serangannya hanya sedikit, rasa umbi yang teresrang sudah tidak enak lagi rasanya.

B.      MORFOLAGI
Morfologi  hama ini , bentuk kumbangnya menyerupai semut , langsing dan berwarna  cerah, moncong kepala dan elytanya berwarna biru, sedangkan dada ( thorax), antena dan kakinya berwarna merah, panjangnya 6-8 mm , kakinya panjang

C.      DAU HIDUP
Kumbang ini tertarik sinar  lampu, selain memakan daun dan tangkai, juga suka memakan umbi, telurnya diletakkan dalam batang atau umbi yang ditutup dengan sisa makanan, setelah menetas  dia dapat langsung memakan umbi ditempat menetasnya, kumbang ini dapat hidup selama 3 bulan, setiap harinya mampu bertelur 2 butir  dan jumlahnya bisa mencapai 200 butir.

D.     CARA MUDAH MENGENDALIKAN
1.      Dengan cara pergiliran tanaman jangan terus menerus menanam ubi jalar.
2.      Umbi yang kelihatan diatas tanah agar dibumbun agar tidak teresrang oleh hama ini
3.      Pada saat panen umbi yang terserang harap dikumpulkan , kemudian dibakar
4.      Menanam dengan stek
5.      Menanam varietas yanag tahan, varietas yang berkulit tebal, dan yang mampu membentuk umbi  yang cukup dalam didalam tanah
6.      Menanam jenis ubi jalar yang rimbun daunnya
7.      Umbi yang disimpan dalam gudang dapat ditutup dengan pasir atau disimpan didalam plastik
8.      Pada waktu umbi masih muda dapat diberi insetisida carbofuran

E.      KESIMPULAN

Hama boleng yang menyerang buah  / umbi ketela rambat dapat dilakukan dengan cara kultur teknis, dengan memilih varietas yang tahan mempunyai daun yang lebat,  jaga kelembaban tanah  yang ada. Dengan kondisi yang lembab akan memudahkan kumbang/ hama boleng diserang cendawan Beauveria sp.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP