Loading...
Saturday, December 30, 2017

PUPUK MAJEMUK



PUPUK MAJEMUK
Disusun oleh : Wibowo, S.ST. PP  Madya Kab. Tegal
a.     Pendahuluan
Pengertian pupuk majemuk adalah pupuk yang berisi hara lebih dari satu jenis atau pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro, dalam hal ini bisa dua jenis unsur hara, bisa tiga jenis dan terakhir ini banyak muncul pupuk majemuk yang berisi unsur hara makro dan unsur hara kiro yang diberikan lewat akar seperti Dekaform, magamp plus K, Ponska dan lain-lain. Begitu juga pupuk majemuk yang cair diera sekrang sudah banyak produk-produk pupuk organik cair yang sudah beredar dipasaran, yang banyak mengandung baik unsur hara makro maupun unsur hara mikro. Dipasaran pupuk majemuk yang banyak beredar adalah pupuk majemuk yang banyak mengandung unsur hara makro, N P K, karena jenis pupuk ini biasanya disamping mengandung unsur hara makro yang esensial juga mengandung unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.
Pupuk majemuk setidaknya mengandung unsur hara makro dan mikro minimal 5 jenis yaitu 3 unsur hara makro dan 2 unsur hara mikro

b.     Jenis-jenis pupuk majemuk
Banyak jenis pupuk kimia yang kandungan unsur haranya  lebih dari satu jenis yang banyak dibutuhkan oleh petani yang banyak dijual dipasaran bebas diantaranya adalah sebagai berikut :
-         Pupuk NPK  Ponska kandungan unsur haranya 15 : 15 : 15
-         Pupuk NPK  Mutiara kandungan hara NPK  : 16 : 16 : 16, disamping itu mengandung 05% MgO dan 6% CaO ( Kalsium)
-         Pupuk Nitra Po  : kandungannya N:P
-         Pupuk Kalium metafosfat kandungan hara unsur P dan K
-         Pupuk NPK Ria Plus 16: 16:16
-         Pupuk NPk Zamrud 16:16:16
-         Pupuk NPK Pak Tani 16 : 16: 16
-         Pupuk NPK Kebo Mas 16 : 16 : 16
-         Pupuk NPK Mahkota 16 : 16 : 16

c.      Cara penggunaan pupuk majemuk
Banyak cara / aplikasi yang dapat digunakan untuk memberikan pupuk majemuk ke tanamannya, ada yang diberikan dengan cara diugal , ditebarkan kedalam tanah , dan ada yang diberikan dengan cara disemprot atau disiram ke bagian pangkal batang tanaman/ akar tanaman.
Dapat digunakan baik sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan yaitu untuk memacu pertumbuhan vegetatip maupun pertumbuhan generatip.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP