Loading...
Monday, December 25, 2017

MENANAM TANAMAN BUAH BUAHAN DALAM POT

Menanam Tanaman Buah-buahan dalam Pot
Disusun Oleh. Wibowo, S.ST. Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan kab. Tegal
A.     PENDAHULUAN
Budidaya tanaman buah dalam pot, sangat dianjurkan karena dengan adanya kepemilikan lahan yang sempit, lahan pekarangan yang semakin sempit, kebutuhan akan konsumsi buah semakin meningkat. Ini mendorong kita untuk lebih meningkatkan akan budidaya tanaman buah dalam pot. Budidaya tanaman dalam pot dilingkungan rumah tangga tidak hanya sekedar  dapat meningkatkan kebutuhan gizi keluarga tetapi mempunyai unsur , pendidikan didalamnya. Rekayasa teknologi pelaksanaan Budidaya tanaman dalam Pot sangat kita harapkan, hal ini akan lebih mendorong para masyarakat akan kemauan untuk lebih meningkatkan kegiatan Budidaya tanaman buah dalam Pot.
Budidaya tanaman buah dalam Pot, pada hal teknologinya sangat sederhana, dan apabila dilaksanakan dengan baik terutama, dipelihara dengan baik akan sangat membuahkan hasil yang sangat memuaskan, ini merupakan peluang usaha, terutama terlebih bila dilakukan secara agribisnis juga dapat memberikan keuntungan yang cukup besar, karena dengan adanya sentuhan teknis akan menambah, keindahan hal ini yang akan meningkatkan nilai jual, pembeli tidak hanya menilai tanaman saja tapi menilai dari segi keindahan tanaman tersebut. Yang harganya tidak terbatas

B.      FUNGSI DAN MANFAAT
1.      Secara teknis budidaya tanaman dalam Pot, dapat meningkatkan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan secara maxsimal, walaupun dalam lahan yang sempit
2.      Ssecara Estetika : budidaya tanaman dalam pot dapat menambah keindahan , penataan ruangan baik didalam rumah maupun diluar rumah/ lahan pekarangan, membuat lingkungan kita nampak asri, nyaman
3.      Secara Paedagogies : budidaya tanaman dalam pot akan dapat digunakan sebagai media pendidikan dibidang pertanian, menumbuhkan minat keluarga untuk cinta , menekuni bidang pertanian
4.      Secara ekonomis : budidaya tanaman buah dalam Pot akan menambah pendapatan keluarga, dapat mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

C.      BAHAN YANG HARUS DISIAPKAN
Untuk  melakukan budidaya tanaman buah dalam pot, sebelumnya kita dapat melakukan pengumpulan bahan, misalnya Jenis Pot: pot dapat dicarikan bahan yang sudah jadi misalnya pot plastik, drum bekas dan lain-lain, media tanam: dapat berasal dari tanah, pupuk kandang, arang sekam, cangkang padi , jenis tanaman yang akan kita tanam : diambilkan jenis tanaman yang kita sukai yang mempunyai keunggulan tertentu misalnya buahnya lebat, rasanya manis dll, punya nilai adaptasi lingkungan yang tinggi, tahan terhadap cuaca, suhu dll, sedangkan  alat lain seperti pisau, gunting pangkas, cetok dll, perlu kita siapkan sebelum budidaya tanaman buah dalam pot dimulai. Agar pada saat tanam dan pemeliharaan nanti dapat dilaksanakan dengan baik.

D.     CARA MENANAM
Pot, yang telah kita pilih kita siapkan dengan cara mengecek lubang bawah pot sudah ada atau belum, bila belum kita harus melubangi sesuai dengan kebutuhan, pada prinsipnya agar pembuangan air siraman/ air hujan dapat terbuang dengan tuntas, kelembaban tanahnya dapat terjaga dengan baik. Kemudian kita isi 1/3 bagian pot yang ada dibawah kita isi dengan bahan pecahan bata merah/ genteng/ arang. Kemudian diatasnya kita isi campuran tanah, pasir, pupuk kandang / pupuk bokhashi, arang sekam.
Setelah itu masukkan campuran bahan tersebut kedalam pot sampai ketinggian 2/3 bagian. Selanjutnya kita dapat menanam tanaman buah yang telah kita pilih, tanaman yang kita tanam dapat berasal dari tanaman okulasi , cangkoan atau stek, setelah itu pot diisi agak penuh, tanah yang ada disekitar tanaman kita padatkan dengan cara ditekan dengan tangan, setelah itu kita siram secukupnya. Sebaiknya pada saat tanam, agar tanaman dapat tumbuh tegak dan tidak bergoyang supaya diberi ajir, sebagai penguat tumbuhnya tanaman.

E.      Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman buah dalam pot, diantaranya dilakukan penyiraman apabila kondisi tanah dalam pot tidak lembab/ kondisi kering, penyiraman dapat dilakukan setiap pagi bila cuaca panas tetapi apabila pada musim hujan dapat dilakukan penyiraman sesuai kebutuhan. Pemupukan dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali. Bila diperlukan pemupukan melalui media cair dengan pupuk NPK yang telah dilarutkan, dapat diberikan pada saat menyiram , dapat dilakukan stiap 1 mg sekali, tergantung kondisi tanaman.

Untuk pemangkasan tanaman dapat dilakukan pemangkasan bentuk sesuai dengan selera pemilik. Hal ini dilakukan pada saat tanaman sudah mulai tumbuh membentuk percabangan.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP