Loading...
Wednesday, November 29, 2017

BUDIDAYA KACANG PANJANG DI PEMATANG

Budidaya Kacang Panjang Di Pematang
Disusun Oleh:  Wibowo, S.ST
a.       Pendahuluan
Dalam rangka untuk  menigkatkan pendapatan petani dalam mengelola lahan di sawah, perlu banyak rekayasa baik rekayasa teknologi maupun rekayasa pengelolaan lahan sehingga produksinya bisa meningkat. Pemanfaatan lahan pertanian , pada lahan sawah perlu digalakkan oleh petani. Banyak komoditas yang dapat ditanam dipematang misalnya tanaman kacang panjang, tanaman kacang tanah, tanaman kedele, tanaman kecipir. Penanaman tanaman galengan sebaiknya menggunakan tanaman kacang2an karena tanaman kacang2an ternyata ditanam dipematang akan tumbuh dengan baik , disamping itu tanaman tersebut dapat membantu menyuburkan tanah. 

b.      Fungsi Manfaat
Banyak fungsi manfaat yang dapat diambil dari pemanfaatan tanaman di galengan/ pematang diantaranya adalah sebagai berikut :
-          Menambah pendapatan petani
-          Sebagai media berkembangnya musuh alami yang dapat membantu pengendalian hama/ penyakit tanaman padi sawah
-          Meningkatkan kesuburan lahan
c.       Teknik Penanaman
Agar penanaman tanaman Kacang Panjang dapat memberikan keutungan, dapat tumbuh subur perlu ada pengaturan , pola tanaman yang baik diantaranya cara tanam , waktu tanam, adapun teknik penanaman yang dapat dilakukan agar dapat memberikan produksi yang maxsimal adalah sebagai berikut :
a.       Jarak tanam : untuk tanaman kacang panjang yang ditanam dipematang, menggunakan jarak tanam 30 cm dalam barisan .
b.      Waktu tanam : waktu tanam yang tepat, dapat dilakukan pada bersamaan tanam padi, paling lambat padi umur 1 mg, agar pada saat berbunga  tanaman padinya sudah berumur kurang lebih 40 s/d 50 hari. Hal ini mengandung maksud agar serangga, sejenis tawon dapat membantu pengendalian hama pada tanaman pokok.
c.       Varietas : untuk varietas tanaman kacang Panjang dapat menggunakan varietas unggul lokal, misalnya kacang tanah jenis hijau atau putih
d.      Pemupukan : untuk pemupukan cukup menggunakan Ponska dicampur sedikit urea, dengan cara ditugal dan ditutup.
e.      Pemberian lanjaran : lanjaran sangat dibutuhkan oleh tanaman, berfungsi untuk rambatan, pemberian kayu lanjaran sebaiknya mulai diberikan pada umur 10 hari setelah tanam. Pemberian lanjaran yang terlambat akan menggangu tanaman, atau akan menjalar ke tanaman padi yang ada.
f.        Pengendalian hama/ Penyakit : caranya dapat dilakukan dengan PHT. Dapat dilakukan pada saat bersamaan dengan melakukan penyemprotan pada tanaman pokok ( Padi)
d.      Kesimpulan

Pemanfaatan lahan dipematang/ galengan, sangat bermanfaat sekali untuk menambah pendapatan petani, yang tidak kalah penting bermanfaat untu perkembang biakan musuh alami hama tanaman pokok, sehingga dapat mengurangi resiku serangan hama penyakit yang menyerang tanaman pokok.

1 comments:

 
TOP