Loading...
Monday, June 29, 2020

PESEMAIAN DAPOK DILAHAN


PESEMAIAN  DAPOK DILAHAN
DISUSUN OLEH : WIBOWO, S.ST. PP MADYA DINAS PERTANIAN KAB. TEGAL

A.     PENDAHULUAN
Pemerintah telah banyak memberikan bantuan alat tanam padi, berupa Rice Transplanter kekelompok tani, hal ini dimaksudkan supaya dapat mengatasi permasalahan kebutuhan tenaga kerja tanam yang semakin berkurang, dan biaya yang mahal. Dengan alat Rice transplater, diharapkan dapat mempercepat luas tambah tanam ( LTT) dan menekan biaya tana.
Dengan menggunakan alat tanam / Rice transplanter tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produksi  padi / h. Untuk dapat menggunakan alat tanam tersebut membutuhkan sistem/ cara menyemai dapok/ tray, untuk itu diharapakan  petani dapat menyemaikan gabahnya dengan bak/ Tray dengan baik. Karena tanpa pesemaian diatas tray, tanam dengan rice transplanter tidak dapat dilaksanakan dengan baik.
Pesemaian dapok/tray adalah tempat tumbuhnya bibit padi yang ditanam secara acak dengan ditabur pada media tumbuh untuk disemaikan . Pesemaian dengan sistem Dapok umumnya dilakukan apabila kita mau menanam dengan alat tanam padi Rice Transplanter.
kwalitas hasil Pesemaian ini sangat menentukan keberhasilan menanam dengan alat transplanter tersebut

B.      MANFAAT
Kegiatan menyemai padi dengan tray/ dapok  dapat memberikan beberapa keuntungan dibanding dengan  menyemai  secara biasa  diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Mudah  membawanya  ketempat  lahan
2.      Mendapat sinar matahari penuh, sehingga pertumbuhannya lebih baik karena tidak ternaungi.
3.      Biayanya lebih murah, karena tidak jarak pengangkutannya lebih dekat.
4.      Kebutuhan Benihnya  lebih hemat.
C.      CARA  MENYEMAI
cara menyemai ini dapat langsung dilahan kering pada lahan pekarangan, maupun lahan sawah yang dilakukan secara basah, ukuran dapok yang harus disiapkan lebar 18,3cm dan panjang 58 cm. cara menyemai benih padi secara langsung harus dicetak seperti tray , dengan pembatas dari bambu atau kayu reng. media yang digunakan adalah campuran tanah dengan pupuk organik ukuran 4 : 1, atau campuran tanah tanah ditambah dengan pupuk NPK sebanyak 3 gram. kebutuhan benih 90-100grm per dapok ukuran tersebut ( lebar 18,3cm dan Panjang 58cm). penyebaran benih dalam keadaan longgar. setelah media dalam kondisi basah yang cukup benih disebar secara merata .
D.     PEMELIHARAAN
peniraman harus dilakukan secara ruti setelah benih tumbuh, kira-kira 4 hari setelah sebar, penyiraman harus dilakukan secara rutin setiap hari dan pelaksanaan siraman harus menembus secara rutin sampai kedasar, pemeliharaan lainn adalah mencabut rumput atau gulma manakala ada pertumbuhan gulma di pesemaian tersebur
E.      PINDAH TANAM
untuk pemindahan pesemaian ke lahan sawah, tanam dengan alat transplanter dilakukan pada umur 14-18 hari. pemindahan pesemaian jangan sampai terlalu melebihi umur tersebut atau kurang dari tersebut.




F.       CARA  MENYEMAI
1.      Siapkan alat saringan # mes 0,5 cm dengan panjang 1,5 lebar 2 m), alat ini digunakan untuk menyaring media yang akan kita gunakan baik tanah, maupun pupuk organik yang akan kita gunakan.
2.      Pemilihan benih : sebelum benih disemai ditray/ kotak semai , kita diwajibkan untuk menyeleksi benih yang akan kita semai, benih tetap kita perlakukan dengan merendam kedalam larutan gara 1% dari berat benih yang akan kita semai, sehingga benih yang kita semai betul2 benih yang bernas yang mempunyai kemampuan tumbuh dengan baik.
3.      Untuk menyemai  padi di tray/ bak, agar pertumbuhannya cepat kita dapat mencampur dengan pupuk  NPK pada media yang akan digunakan untuk menyemai sebanyak 2-3 gram/tray
4.      Media harus menggunakan Tanah yang subur yg sudah diayak, dengan alat tersebut diatas, sebaiknya gunakan tanah dibawah pohon bambu, karena tanah dibawah pohon bambu lebih steril.
5.      Gunakan Pupuk organik dengan perbandingan 4:1 artinya  untuk menyemai media harus dicampur dengan pupuk organik yang sudah masak, sehingga tanaman akan tercukupi asupan makananya yang lengkap.
6.      Ukuran dapok l 18,3 P 58cm, biasanya  kita dapat beli kalau mau membuat dapat digunakan bahan dari reng kayu yang dipotong2 sesuai ukuran tersebut.
7.      Kebutuhan benih 90-100gr, sebarkan benih diatas media yang ada di tray  dengan jarak yang longgar, agar benih daat tumbuh kekar
8.      Tebal media 2-3 cm, untuk tebal media yang ada dibak Tray dapok  ketebalannya antara 2-3 cm/ bak Tray.
9.      Umur bibit dapat dipindah umurnya antara 15-20 hari, dengan ketinggian  tinggi 15-20 cm
10.  Untuk menyemai benih padi  sebaiknya benih yang sudah direndam, diemplep sehingga sudah keluar sedikit lembaganya, jangan terlalu panjang keluar akarnya karena menyulikan penyebaran di kotak tray.

G.     PEMELIHARAAN
1.      Kegiatan Penyiraman dilakukan  Setelah 4 Hr disebar, setealah itu kita harus selalu mengontrol kelembaban tanahnya, jangan sampai kering baru disiram hal ini akan berakibat pertumbuhan benihnya terlambat.
2.      Apabila dilahan Atur Ketinggian Air, pada saat dipesemaian ketinggian airnya  tidak boleh melebihi  daun yang terbawah.
3.      Lakukan Pengamatan Terhadap  H/P, walaupun sudah kita lakukan  seintensif mungkin perlakuan di pesemaian kita tetap waib melakukan kegiatan pengamatan terhadap OPT, terutama telur penggerek batang padi, bila ditemukan telur penggerek batang padi segera diambil dan dimusnahkan bila memungkinkan ditaruh didalam botol aqua dan amati, bila nantinya keluar  musuh alami/ parasit kita lepas kembali dilahan, sehingga keseimbngan lingkungan dapat terjaga.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP