Loading...
Monday, June 29, 2020

MENYEMAI BENIH PADI DENGAN PGPR


MENYEMAI BENIH  PADI DENGAN PGPR
Disusun  oleh : Wibowo, S.ST. PP Madya  Dinas Pert & KP Kab. Tegal
A.      PENDAHULUAN
Kegiatan budidaya tanaman padi sawah, yang diawali dengan pemilihan varietas yang mempunyai kemampuan produksi yang  tinggi sanagt penting, tetapi  pekerjaan yang perlu dilakukan sebelum benih disemai adalah melakukan seleksi benih, merendam maupun melakukan seed treatment,  menyemai tanaman padi sebelum dipindah dilahan pertanian, tindakan yang tidak kalah penting adalah  perlakuan benih ( Treatment). Banyak kegiatan perlakuan benih yang telah diterapkan oleh petani, misalnya dengan pupuk hayati baik yang berasal dari pabrik maupun buatan sendiri.
Perlakuan benih dengan menggunakan PGPR diharapkan benih yang akan kita pindahkan ke pertanaman dapat terbebas dari serangan penyakit dan memacu pertumbuhan akar . PGPR merupakan agensia hayati yang mempunyai peran untuk mengaktifkan bakteri / microba yang membantu pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan subur dan maxsimal.

B.      TUJUAN
Tujuan perlakuan benih adalah untuk mematahkan benih dari massa dormansi benih dan memilih benih yang bernas supaya benih dapat dengan cepat tumbuh , seragam dan sehat serta merupakan  perlindungan awal terhadap serangan hama dan penyakit terutama pada stadia bibit.

C.      MANFAAT
Benih yang akan kita tanam akan dapat tumbuh dengan sehat, tahan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman sehingga pertumbuhannnya dapat lebih optimum.

D.      CARA PERENDAMAN
Sebelum direndam dengan PGPR , tetap kita  melakukan kegiatan : perendaman dengan lautan garam dapur  1sendok makan/1lt air hal ini dengan tujuan untuk memisahkan benih yang hama dengan benih yang bernas. Benih yang hampa akan mengapung dan kita buang, kemudian benih kita cuci dengan air bersih/ air kran , setelah itu benih kita rendam dengan air bersih selama 24 jam, kemudian kita angkat kita tiriskan. Kegiatan selanjutnya kita peram sampai benih keluar lembaganya, kira-kira butuh waktu 24-48 jam tergantung kwalitas benihnya. Untuk perlakuan benih dengan PGPR, sebaiknya benih yang sudah keluar lembaganya  istilah jawa cingis, kemudian kita rendam dengan larutan PGPR  dengan konsentrasi 10ml/lt air selama 5menit. Setelah itu benih kita semai dilahan/ tempat menyemai benih padi yang telah kita siapkan.
E.       CARA MENYEMAI
Untuk pelaksanaan menyemai dapat dilakukan sesuai dengan sistem menyemai padi biasa, namun kelebihannya benih yang telah di beri PGPR, bibit yang ada sudah microorganisme yang  menguntungkan terhadap pertumbuhan tanaman padi.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP